Imajinasi Untuk Merawat Kemanusiaan: Pemikiran Martha Nussbaum Dalam Pendidikan Humaniora

  • Cicilia Damayanti Lecture and doctor candidate in Driyarkara School of Philosophy
Keywords: Imajinasi naratif, kosmopolitan, multikulturalisme, pendekatan kemampuan, pendidikan demokrasi

Abstract

Pendidikan Martha Nussbaum membebaskan manusia dari kepicikan dan wawasan sempit. Dia menggunakan imajinasi untuk mewujudkan cita-cita masyarakat demokratis yang setara. Pola berpikir kritis sangat dibutuhkan bagi seseorang untuk lepas dari belenggu tradisi yang tidak manusiawi. Hal ini penting untuk menerima keragaman dan menghormati martabat kemanusiaan setiap orang. Multikulturalisme dan kosmpolitan menjadi bagian penting dalam pendidikan untuk merawat kemanusiaan. Pendidikan demokrasi dalam pandangannya memusatkan pendidikan pada dialog yang membantu seseorang untuk berpikir kritis dan menguji hidupnya. Filsafat berperan penting dalam membantu seseorang mempraktikkan kebijaksanaan dan mengkaji hidupnya. Dia menyatakan bahwa pendekatan kemampuan merupakan kesempatan atau kebebasan yang dimiliki setiap orang untuk bebas menjadi dirinya dan melakukan apa saja yang menjadi pilihannya. Dan hal ini didapat melalui pendidikan yang tepat dan sarana kesehatan yang memadai.

References

Levmore, Saul and Nussbaum, Martha C. ed. The Offensive Internet: Speech,
Privacy, and Reputation. Cambridge: Hardvard University Press, 2010.

Nussbaum, Martha Craven. The Poetic Justice: The Literary Imagination and Public
Life. Boston: Beacon Press, 1995.

_____. Cultivating Humanity: A Classical Defense of Reform In Liberal Education.
Cambridge: Harvard UniversityPress, 1997.

_____. Women And Human Development: The Capabilities Approach, New York:
Cambridge University Press, 2000.

_____. Diambil dalam Siegel, Harvey. Ed. The Oxford Handbook of Philosophy
of Education. Oxford: Oxford University Press, 2009.

_____. Not For Profit: Why Democracy Needs The Humanities. Princeton:
Princeton University Press, 2010.

_____. Creating Capabilities: The Human Development Approach. Cambridge,
Ma.: The Belknap Pressof Harvard University Press, 2011.

Sudiarja, A. ed. Karya Lengkap Driyarkara: Esai-Esai Filsafat Pemikir yang Terlibat
Penuh Dalam Perjuangan Bangsanya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
2006.

Cook-Sather, Alison. “Students as Learners and Teachers: Taking Responsibility, Transforming Education, and Redifining Accoutability”. Dalam
Curriculum Inquiry. Vol. 40 – No. 4, 2010. Konten ini diunduh dari http:/
/www.jstor.org/stable/40962986 pada Sabtu, 11 Apr 2019, 14:51:36.

Friedman, Marilyn. “Educating for World Citizenship”. Dalam Ethics. Vol.
110 – No 3, 2000. Konten ini diunduh dari https://www.jstor.org/stable/
10.1086/233325 pada Kamis, 11 Apr 2019, 14:38:50.

Gunderson, Martin. “Book Reviews: Martha C. Nussbaum. Cultivating Humanity: A Classical Defense of Reform in Liberal Education”. Dalam Frontiers
Journal, Vol. 9, 2015. Konten ini diunduh dari https://frontiersjournal.org/
wp- content/uploads/2015/09/GUNDERSON-frontiersXI-BookReview.pdf
pada Selasa, 11 Juni 2019, 11:47:45.

Hrabowski, Freman A. III. Lee, Diane M. & Martello, John S. “Educating Teachers for the 21st Century: Lesson Learned”, dalam The Journalof Negro Education, Vol. 68, No. 3, 1999. Konten ini diunduh dari https://www.jstor.org/
stable/2668102, pada Rabu 5 Agustus 2020, 22:48:05.

Naseem, M. Ayas and Hyslop-Margison, Emery J. “Nussbaum’s Concept of
Cosmopolitanism: Practical Possibility or Academic Delusion?”. Dalam
Paideusis. Vol. 15 – No. 2, 2006. Konten ini diunduh dari https://
journals.sfu.ca/pie/index.php/pie/article/view/75/25&ved=2ahUKEwi9m pada
Kamis, 11 Apr. 2019, 15:25:01.

Noddings, Nel. “Renewing The Spirit Of The Liberal Arts”, dalam The Journal
of General Education. Vol. 62, No. 2-3, 2013. Konten ini diunduh dari https:/
/www.jstor.org/stable/10.5325/jgeneeduc.62.23.0077, pada Senin 11 November 2019, 20:01.

Nussbaum, Martha Craven. “Compassion: The Basic Social Emotion”, dalam
Social Philosophy and Polici Foundation, Vol. 13 – Issue 1, 1996. Konten ini
diunduh dari https://people.whitman.edu/~frierspr/nussbaum%25201996%
2520compassion.pdf&ved=2ahUKEwiaz-7Cq6zuAhXNXisKHV99Ck
EQFjADegQIBBAB&usg=AOvVaw1XFcA40U-AH-qVSqkGoKXq&cshid=
1611208591114 pada Kamis, 11 Apr. 2019, 15:23:03.

_____. “Humanities and Human Development”, dalam The Journal of Aesthetic Education, Vol. 36, No. 3, 2002. Konten ini diunduh dari http://www.jstor.org/stable/3333596 pada Kamis, 11 Apr. 2019, 14:42:54.

_____. “Liberal & Global Community”, Liberal EducationVol 90 – No.1, 2004.

Konten ini diunduh dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ728534.pdf&ved=
2ahUKEwjFyt2krKzuAhX863MBHWj8DZEQFjACegQIChAC&usg=AOv
Vaw3zK1SspzZffWLPd4iPTVM5 pada Kamis, 11 Apr. 2019, 15:20:02.

Rice, James P. “What Should We be Teaching? Nussbaum, Seneca, and the
Liberal Arts”, dalam Modern Language Studies, Vol. 36. No. 1, 2006..
Konten ini diunduh dari http://www.jstor.org/stable/27647881 pada Rabu
5 Agustus 2020, 22:38:05.

Roth, Jeffrey. “Can The Balm of Stoicism Salve the Wound of Multiculturalism?
A Reviewof Martha C. Nussbaum. “Cultivating Humanity: A Classical Defense of Reform in Liberal Education”. Dalam Journal of Thought. Vol. 35 –No. 1, 2000. Konten ini diunduh dari http://www.jstor.org/stable/42589600
pada Kamis, 11 Apr. 2019, 14:42:47.

Interview with Professor Martha Nussbaum – Part 4 di https://youtu.be/BGN
KcYJduJg, pada menit ke 01.07-03.50, diunduh pada Minggu 4 Oktober.
2020, jam 21.30
Published
2021-05-04
Section
Articles