Kritik Filosofis Terhadap Kekerasan Berlatarbelakang Agama Menurut Konsep Kebahagiaan Boethius

  • Ian Jovi Sianturi Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana- Malang
  • Yeremias Nino Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana- Malang
Keywords: Kebahagiaan, Etika, Kekerasan, Penyalahgunaan Agama

Abstract

Kebahagiaan adalah dambaan semua orang. Setiap tindakan manusia memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam hidupnya tetapi semuanya ada dalam bingkai kebahagiaan. Manusia sering tidak mencapai kebahagiaan yang sempurna karena belum memahami hakikat kebahagiaan secara utuh dan sempurna. Artikel ini hendak mengkritisi fenomena kekerasan yang justru dilakukan oleh orang yang menjunjung tinggi agama, dalam kerangka gagasan Boethius. Teori kebahagiaan dari Boethius ini menjadi relevan untuk diulas karena bersinggungan dengan term Allah yang juga dan pasti ada dalam agama. Penulis menemukan bahwa setiap penyalahgunaan pasti menimbulkan kekerasan dan jauh dari kebahagiaan sejati. Kebahagiaan sejati hanya ada dalam Allah dan manusia merasa tercukupi dan tidak takut kehilangan apa pun.

References

Boethius. De Consolatione Philosophiae (The Consolation of Philosophy). Perterj. W.F. Cooper. London: The Classics Temple, 2009.
De Consolatione Philosophiae III
Hardiman, F. Budi. Filsafat Modern. Jakarta: Gramedia, 2004.
https://www.scribd.com/document/503373353/Makalah-Kebaikan-Kebahagiaan-Mumud, diakses pada 18 April 2022.
Kamuri, Johanis Putratama. “Yesus dan Machiavelli: Moralitas, Religiusitas, dan Kompetensi Politisi di Ruang Publik.” Jurnal Agama dan Masyarakat. (6) 2. 2019.
Riyanto, Armada. Menjadi Mencintai. Yogyakarta: Kanisius, 2013.
Russell, Bertrand. History of Western Philosophy. London: George Allen dan Unwin, 1961.
Sandur, Simplesius. Filsafat Politik dan Hukum Thomas Aquinas. Yogyakarta: Kanisius, 2019.
Suseno, Franz Magnis. Menjadi Manusia, Belajar dari Aristoteles. Yogyakarta: Kanisius, 2009.
Weij, P.A. Van Der. Filsuf-Filsuf Besar Tentang Manusia. Penterj. K. Bertens. Yogyakarta: Kanisius: 2000.
Robertson, J J O'Connor dan E F. “Anicius Manlius Severinus Boethius.” MT MacTutor. Terakhir diakses 18 April 2022. https://mathshistory.st-andrews.ac.uk/Biographies/Boethius/.
https://www.kompas.id/baca/metro/2022/04/13/kesal-dengan-pandangan-ade-armando-jadi-alasan-pengeroyokan?utm_source=kompasid&utm_medium=bannerregister_meteredpaywall&utm_campaign=metered_paywall&utm_content=https%3A%2F%2Fwww.kompas.id%2Fbaca%2Fmetro%2F2022%2F04%2F13%2Fkesal-dengan-pandangan-ade-armando-jadi-alasan-pengeroyokan&status=sukses_login&status_login=login, diakses pada 19 April 2022.
Published
2022-11-09
Section
Articles