FIDES ET RATIO Menggagas Pertautan Teologi dan Filsafat plus Implikasinya dalam terang Ensiklik Fides et Ratio
Abstract
Fides et Ratio (iman dan akal budi) bagaikan dua sayap manusia untuk terbang membubung tinggi pada kontemplasi tentang kebenaran. Apa yang disebut fides adalah segala apa yang ditekuni oleh refleksi teologis. Dan ratio menjadi lapangan luas disiplin filsafat. Tulisan ini mencoba menguak pertautan keduanya, teologi dan filsafat, secara luas sekaligus menyebut aneka implikasi yang akhirnya harus bermuara pada perubahan dan pembaharuan hidup konkret komunitas manusia-manusia yang beriman. Tulisan menyuguhkan tracing history of Christian philosophy dan rincian implikasi luas relasi teologi filsafat dalam terang Ensiklik Paus Yohanes Paulus II tahun 1998, yang menegaskan peringatan 20 tahun pontifikalnya. Tulisan ini mengalirkan jalan pikirannya dalam tiga bagian: (1) pengantar tentang “ratio” dan “fides”; (2) menggagas pertautan filsafat dan teologi secara historis dalam rincian sejarah pertemuan iman dan filsafat; (3) implikasi luas dari pertautan filsafat teologi.
References
Barnes, New Jersey 1984).
CAHOONE, L., ED., From Modernism to Postmodernism. An Anthology, Oxford
1997.
CHARLES E. SCOTT, “The Sense of Transcendence and the Question of Ethics,” dalam
The Ethics of Postmodernity, edited by Gary B. Madison and Marty
Fairbairn, Illinois 1999.
DULLES, AVERY SJ., “Reason, Philosophy, and the Grounding of Faith: Reflection on
Fides et Ratio,” in International Philosophical Quarterly, Vol. XL, No.
4, Issue No. 160, December 2000, 479-490.
GILSON, É., L’Esprit de la Philosophie Médiévale, Paris 1932.
HOLZER, VINCENT CM, Le Dieu Trinité dans l’histoire, Paris 1995.
JOHN PAUL II, Fides et Ratio, Vatican 1998.
JULIAN WOLFREYS ED., The Derrida Reader. Writing Performances, Edinburgh
1998.
MANINTIM, MARCELO C.M., The Concept of Lifeworld in Jürgen Habermas,
Rome 1993
PADEN, WILLIAM E., “World,” in Willi Braun-Russell T. McCutcheon ed., Guide to
the Study of Religion, London 2000
PLATO, Apology (dari Plato. The Collected Dialogues, edited by Edith Hamilton
and Huntington Cairns, Princeton 1989).
RAHNER, KARL, “On the Importance of the Non-Christian Religions for Salvation,”
in Theological Investigation XVIII, New York 1983, 294+
—————, “The Current Relationship between Philosophy and Theology,” in
Theological Investigation XIII, New York 1983, 61-79.
—————, “On the Relationship between Theology and the Contemporary Sciences,”
in Ibid., 94-104.
RIYANTO, ARMADA, “Membongkar Eksklusivisme Hidup Beragama,” dalam Armada
Riyanto ed., Agama-Kekerasan. Membongkar Eksklusivisme, Malang
2000.
ROBERT C. SALAZAR, “The fundamentalist Evangelical Movement in the Philippines:
An Overview,” dalam Rethinking New Religious Movements, ed. By
Michael A Fuss, Rome 1998.
SHAMIR, KHALIL S., “Monotheism and Trinity. The Problem of God and Man and its
Implications for Life in our Society”, in Vincentiana, July-October 1999,
291-300
THONNARD, F.J., Précis d’Histoire de la Philosophie, Paris 1963.
TILLIETTE, XAVIER, “Du Dieu théiste à la Trinité spéculative” (dari Allah yang teistis
kepada Trinitas spekulatif), in Communio, No XXIV 5-6 (Sept-Dec 1999),
197-206.
————, Filosofi Davanti a Cristo, Brescia 1991.