Penerapan Pendidikan Teknologi Menurut Yuval Noah Harari di Indonesia

  • Vincentius Yossy Kareli Università Cattolica del Sacro Cuore - Milan
  • Kurniawan Dwi Madyo Utomo STFT Widya Sasana- Malang
Keywords: Harari, peserta didik, pendidikan teknologi, pendidikan 4.0

Abstract

Pendidikan termasuk dalam bidang pembinaan sentral manusia. Manusia telah memasuki dunia pendidikan sedari ia lahir hingga menjelang kematiannya. Pendidikan adalah salah satu upaya bagi manusia untuk mewujudkan eksistensinya di dunia. Pendidikan abad 21 tengah diwarnai dengan banyak kemajuan teknologi yang juga memberi dampak tersendiri bagi pendidikan dan usaha realisasi eksistensi peserta didik. Lembaga pendidikan dari semua jenjang perlu memperhatikan fakta tersebut supaya mampu merancang peta pendidikan yang tepat guna dan menghasilkan generasi yang mampu beradaptasi di era disrupsi teknologi. Dalam penelitian ini penulis memaparkan secara ringkas pendidikan teknologi menurut Yuval Noah Harari dan penerapannya di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan menggunakan sumber-sumber relevan dan kredibel seperti buku, jurnal, dan media massa elektronik. Penelitian ini menemukan bahwa pendidikan teknologi menurut Harari berfokus pada pembinaan karakter, pengembangan literasi teknologi peserta didik, serta pendalaman kompetensi kolaboratif-kooperatif dan sangat relevan diterapkan di Indonesia.

References

Andalas, Mutiara. "Pembelajaran Multisensori bagi Generasi Alpha di Kelas Pendidikan Agama." In Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter. Yogyakarta: Kanisius, 2020.
Anwar, Nini Ibrahim' Muhammad. Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA Press, 2009.
Aslan, and Wahyudin. Kuikulum dalam Tantangan Perubahan. Medan: Bookies Indonesia, 2020.
Asori. Psikologi Pendidikan: Pendidikan Multidisipliner. Jawa Tengah: CV Pena Persada, 2020.
Blackburn, Simon. The Oxford Dictionary of Philosophy. Oxford: Oxford University, 2016.
Caterine, Widya, Perdani' Nia Budiana, and Sri Aju Indrowaty. Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0. Malang: UB Press, 2019.
Chamisijatin, Lise, and Fendy Hardian Permana. Telaah Kurikulum. Malang: UMM, 2020.
Gernatatiti, Karunianingtyas Rejeki, and Sri Wahyaningsih. Sekolah Apa Ini? Edited by Bambang Wisudo. Yogyakarta: INSISTPress, 2019.
Hamzah, Amir. Etos Kerja Guru Era Industri 4.0. Malang: Literasi Nusantara, 2019.
Handoyo, Luisa Diana. "Service-Learning: Model Pembelajaran Inovatif Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik." In Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter, by Ignatius Edi Santosa, 223-246. Yogyakarta: Kanisius, 2020.
Hardiman, Fransisco Budi. Aku Klik maka Aku Ada: Manusia dalam Revolusi Digital. Yogyakarta: Kanisius, 2021.
—. Pemikiran Modern dari Machiavelli sampai Nietzsche. Yogyakarta: Kanisius, 2019.
Harari, Yuval Noah. 21 Lessons: 21 Adab untuk Abad ke 21. Manado: CV. Global Indo Kreatif, 2018.
—. Homo Deus: Masa Depan Umat Manusia. Jakarta: PT Pustaka Alvabet, 2018.
—. Sapiens: Sejarah Ringkas Umat Manusia dari Zaman Batu hingga Perkiraan Kepunahannya. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2017.
—. Sapienship: Supporting tomorrow's adults. September 24, 2021. https://www.sapienship.co/activities/education.
—. The Ultimate Experience: Battlefield Revelations and the Making of Modern War Culture, 1950-2000. New York: Palgrave Macmillan, 2008.
—. Yuval Noah Harari. September 24, 2021. https://www.ynharari.com/about/.
Haryatmoko. Jalan Baru Kepemimpinan & Pendidikan: Jawaban atas Tantangan Disrupsi-Inovatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2020.
Hidayat, Ahmad. Pendidikan Generasi Alpha: Tantangan Masa Depan Guru Indonesia. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2021.
Hilir, Alwi. Pengembangan Teknologi Pendidikan: Peranan Pendidik dalam Menggunakan Media Pembelajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha, 2021.
Ismawati, Esti. Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2020.
Iwabuchi, Kazuaki, Kouki Hodama, Yutaka Onishi, Shota Miyazaki, Sae Nakae, and Kan Hiroshi Suzuki. "Covid-19 and Education on the Front Lines in Japan: What Caused Learning Disparities and How Did the Government and Schools Take Initiative?" In Primary and Secondary Education During Covid-19, by Fernando M. Reimers, 125-151. Cham: Springer, 2021.
Jelantik, A.A Ketut. Dinamika Pendidikan dan Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Lavonen, Jani, dan Katarina Salmela-Aro. “Experiences of Moving Quickly to Distance Teaching and Learning at All Levels of Education in Finland.” In Primary and Secondary Education During Covid-19, 105-123. Cham: Springer, 2021.
Lie, Anita. "Pendidikan Dialogis untuk Orang Muda." In Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter. Yogyakarta: Kanisius, 2020.
Mclntyre, Lee. Post-Truth. Cambridge: Massachusetts Institute of Technology, 2018.
Microsoft. The Future Computer: Artificial Intelligence and its role in society. Washington: Microsoft Corporation, 2018.
Nugroho, Gregorius Kukuh. "Meninjau Kembali Formasio Memanusiakan Manusia dalam Pendidikan: Pendekatan Vinsensian." In Formasio Model & Dimensi Praksisnya, by Armada Riyanto, & Robertus Wijanarko, 105-128. Yogyakarta: Kanisius, 2021.
OECD. Back to the Future of Education: Four OECD Scenarios for Schooling. OECD Publishing, 2020.
Perdani, Widya Caterine, Nia Budiana, and Sri Aju Indrowaty. Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0. Malang: UB Press, 2019.
Pradipto, Yosef Dedy. Belajar Sejati VS Kurikulum Nasional. Yogyakarta: Kanisius, 2011.
Qurtuby, Sumanto Al. "Making Indonesia 4.0: Pemerintah dan Sektor Pendidikan di Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0." In Pendidikan dan Revolusi Industri 4.0 Arab Saudi & Indonesia, by Sumanto Al Qurtuby, Amirudin, M. Mukhsin Jamis, & Nur Kholik Ridwan, 95-122. Semarang: eLSA Press, 2021.
—. "Pendahuluan: Dunia Pendidikan dan Revolusi Industri 4.0." In Pendidikan dan Revolusi Industri 4.0 Arab Saudi & Indonesia, by Sumanto Al Qurtuby, Amirudin, M. Mukhsin Jamis, & Nur Kholik Ridwan, 1-28. Semarang: eLSA Press, 2021.
—. Pendidikan dan Revolusi Industri 4.0 Arab Saudi & Indonesia. Semarang: eLSA Press, 2021.
Riski, Novinda. "Human Caring 4.0: Tantangan Pengelolaan Employee Assistance Program dalam Pengelolaan SM Era Industri 4.0." In Human Capital Management 4.0: Peta Jalan Upgrade Sistem Manajemen SDM Masa Depan, by Experts Kagama Human Capital, 210-218. Yogyakarta: Kagama Human Capital, 2021.
Savitri, Astrid. Bonus Demografi 2030: Menjawab Tantangan serta Peluang Edukasi 4.0 dan Revolusi Bisnis 4.0. Yogyakarta: Penerbit Genesis, 2019.
—. Parenting 4.0: Mendidik Anak di Era Digital. Klaten: Caesar Publisher, 2019.
—. Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Yogyakarta: Penerbit Genesis, 2019.
Sarkim, Tarsisius. "Konektivisme: Teori Belajar di Era Internet." In Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter, by Ignatius Edi Santosa, 45-62. Yogyakarta: Kanisius, 2020.
Schwab, Klaus. The Fourth Industrial Revolution. Switzerland: World Economic Forum, 2016.
Sudibyo, Agus. Jagat Digital: Pembebasan dan Penguasaan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2019.
Suralaga, Fadhilah. Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers, 2021.
Syarbini, M. Husin. Top Ten Skills for Millenials: 10 Keterampilan Penting di Era Industri 4.0. Solo: Metagraf, 2020.
Wibowo, Agustinus Setyo. Paideia: Filsafat Pendidikan-Politik Platon. Yogyakarta: Kanisius, 2017.
Wisudo, Bambang. Sekolah Apa Ini? Yogyakarta: INSISTPress, 2019.
Zakaria, Fareed. Ten Lessons for a Post-Pandemic World. USA: W.W. Norton & Company, 2020.
Afnan, Salsabila. Corak Pemikiran Futurolog dalam Menghadapi Era Posthuman. Skripsi, Surakarta: IAIN University, 2020.
Andersson, Jenny. "That Very Big Computer Known as Human Civilisation - Yuval Noah Harari, Homo Deus – A Brief History of Tomorrow (Random House, London, 2017)." European Journal of Sociology / Archives Européennes de Sociologie, 2019: 429-434.
Androne, Mihai. "Notes on John Locke's views on education." Procedia-social and behavioral sciences, 2014: 74-79.
Ansori, Aan, and Ahmad Fitriyadi Sari. "Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, Desember 2020: 133-148.
Argaheni, Niken Bayu. "Sistemati riview: Dampak Perkuliahan Daring Saat Panddemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia." PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 2020: 99-108.
Astri, Ayu, Ahmad Harjono, Adbud Kadir Jaelani, and I Nyoman Karma. "Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar." Renjana Pendidikan Dasar, Agustus 2021: 175-182.
Barroso, Amanda. Gen Z eligible voters reflect the growing racial and etnich diversity of U.S. electorate. September 23, 2020. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2020/09/23/gen-z-eligible-voters-reflect-the-growing-racial-and-ethnic-diversity-of-u-s-electorate/ (accessed November 9, 2021).
Darmaningtyas, Ki. “Ganti Kurikulum Lagi.” kompas.id. 4 September 2021. https://www.kompas.id/baca/opini/2021/09/04/ganti-kurikulum-lagi/ (diakses Oktober 1, 2021).
Desi, Yolanda Presiana. "Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi dan Strategi." Jurnal Ilmu Komunikasi 17(1), 2020: 51-59.
Dewey, John. "Experience and Education." TheEducational Forum vol. 50(3), 1896: 241-252.
Fallows, Noel. "Renaissance Military Memoirs: War, History and Identity, 1450-1600." Renaissance Quarterly, 2005: 666-667.
Fernandes, Joana Vilela. Robot citizenship and women's rights: the case of Sophia the robot in Saudi Arabia. Iscte: Istituto Universitario de Lisboa, 2020.
Fitri, Siti Fadia Nurul. "Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia." Jurnal Pendidikan Tambusai, 2021: 1617-1620.
Gandhawangi, Sekar. "Tanamkan Keterampilan Digital Sejak Dini." kompas.id. Semptember 9, 2021. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2021/09/09/tanamkan-keterampilan-digital-sejak-dini/ (accessed Oktober 23, 2021).
Halimah, Andi, Suharti, and Nur Akni Ardita. "Implementasi Service Learning Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa SD/MI." MIMBAR PGSD Undiksha, 2021: 195-202.
Herliana. Pengembangan Kurikulum di Indonesia. Aceh: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, 2020.
Hidayat, Naviani Arum Sari Nur, and Dinie Anggraeni Dewi. "Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Globalisasi." EduPsy Couns: Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2021: 50-57.
Kelen, Sermada Donatus. "Revolusi Industri 4.0: Kapitalisme Neo-Liberal, Homo Deus dan Wacana Solusi (Suatu Tinjauan Filsafat Sosial)." Seri Filsafat Teologi, 2019: 77-100.
Lusi, Samuel S. "Resensi Buku Homo Deus: Implikasi Logis dan Konsekuensi Tindakannya." KRITIS: Jurnal StudiPembangunan Interdisiplin, 2020: 169-183.
Ministri of Education, Culture, Sport, Science, and Technology (MEXT). Human Resource Development for Society 5.0: Changes to society, changes to learning. Japan, 2018.
Mulyana, Yusep. "Peran Sumber Daya Manusia (SDM) / Generasi Muda dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0." Prismakom, 2020: 36-46.
Musolin, Mulil, and Khoirun Nusa. "Pendidikan Masa Pandemik Covid 19: Implementasi Konsep Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara." EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021: 4134-4144.
Napitupulu, Ester Lince. "Hampir 30 Persen Sekolah Gelar PTM." kompas.id. September 10, 2021. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2021/09/10/hampir-30-persen-sekolah-gelar-ptm/ (accessed Oktober 23, 2021).
—. "Optimalkan Teknologi Pendidikan untuk Atasi Ketertinggalan Pembelajaran." kompas.id. September 9, 2021. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2021/09/09/optimalkan-teknologi-pendidikan-untuk-atasi-ketertinggalan-pembelajaran/ (accessed September 17, 2021).
Naydysh, OV. "Ordinary Consciousness and Modern Futurology." RUDN Jpurnal of Philosophy, 2017: 140-149.
Nazir, Harutiunyan, and Mkhitaryan Zarine. "Pedagogical Futurology." Bulletin of the Cherkasy Bohdan Khmelnytsky National University. Series "Pedagogical Sciences, 2020: 29-32.
Niekerk, Anton A. van. "Building the future in the 21st century: In conversation with Yuval Noah Harari." HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 2020: 1-10.
Pendidikan, Pusat Penilaian. Pendidikan di Indonesia: Belajar dari PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemendikbud, 2019.
Puspitasari, Ratna. "Kontribusi Empirisme Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial." Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 2016: 21-49.
Rahmawati, Errin Tri, Erwin Apriliani, and Fery Diantoro. "Perbaikan Substansi Kurikulum Melalui Inovasi Dalam Menghadapi Problematika Era Revolusi 4.0." Al Yasini: Jurnal Keislaman, SOsial, Hukum, dan Pendidikan, Mei 2021: 91-113.
Saeng, Valentinus. "Antar Eureka dan Erica: Konsep Manusia di Era 4.0." Seri Filsafat Teologi, 2019.
Saffina, Andiana Dea, Farid Fajar Muzaki, and Mikhael Zonasuki Simatupang. "Perubahan Kurikulum di Awal Era Reformasi (2004-2006) dan Dampaknya terhadap Pendidikan Nasional." SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, Januari 2020: 52-62.
Septi Triandini, Kuswanto. "Paradigma John Locke Terhadap Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini di Era Milenial." AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 2021: 32-37.
Simanjuntak, Githa Mediana, Rahma Widyana, and Kamsih Astuti. "Pembelajaran Metode Multisensori untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-membaca pada Anak Usia Pra-Sekolah." Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2020: 51-54.
Supratikno, Agus, and Suwarto Adi. "Pendidikan Kehidupan yang Merdeka Ruang dan Waktu Masyarakat Samin Sukolilo." Pati: Jurnal Dinamika Pendidikan, Mei 2021: 25-34.
Suprayitno, Totok. Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
Thuy, Huynh Thi Phuong. "John Locke's Educational Ideology with Educational Innovation in Vietnam Today." Jpurnal of Advances in Education and Philosophy, September 2020: 381-386.
Wahyuni, Sevi, Putu Aditya Antara, and Mutiara Magta. "Stimulasi Metode Service Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2021: 91-100.
WIcaksono, M. Jiwa Agung. "Yuval Noah Harari's View on The Challenges of 21st Century Education." ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 2019: 160-185.
Xiao, Jun. "A framework of Online-Merge-Offline (OMO) classroom for open education: A preliminary study." Asian Association of Open Universities Journal, 2019: 136-146.
Yasir, Muhamad, and Susilawati. "Pendidikan Karakter pada Generasi Aplha: Tanggung Jawab, Disiplin, dan Kerja Keras." Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat 4(3), 2021: 309-317.
Zanuary, Rizka. Simulasi Penyakit Jantung Menggunakan Teknologi Mixed Reality. Skripsi Medan: Universitas Sumatera Utara, 2020.
Zorluoğlu, Seraceddin Levent, and Çağrı Güven. "Analysis of 5th Grade Science Learning Outcomes." Journal of Educational Issues, 2020: 28-69.
Zulfan. "Pemikiran Politik Thomas Hobbes, John Locke dan JJ Rousseau tentang Perjanjian Sosial." Jurnal Serambi Akademica 6(2),, 2018: 30-35.
Published
2023-10-30
Section
Articles