KOMERSIALISASI DAN TRANSFORMASI ORIENTASI PRAKTEK KEAGAMAAN : ANALISA E-PAYMENT “PAYTREN” USTADZ YUSUF MANSUR

  • Tri Djoko Pariworo
Keywords: Commercialization of Religion, Paytren, Orientation of Religious Practices, Komersialisasi Agama, Orientasi praktek keagamaan

Abstract

Contemporary Islamic studies show a lot of the development of the method of da’wah in the digital age society, the more varied and the forms. The method of da’wah in the style of conventional lectures is no longer the only method used by religious teachers. Technological advances through applications as religious products can be the medium used in preaching one of them, namely Ustadz Yusuf Mansur through the Paytren application. This study argues that the commercialization of religion with the method of buying and selling spiritual products is a form of representation of the commodification of religion which results in the transformation of forms of religious practice in digital era society which is reflected in the Paytren paid user application community initiated by Ustadz Yusuf Mansur. This causes religious understanding as well as religious practices to take place through the consumption of commercial religious products. This research was conducted using a qualitative approach by conducting observations and interviews with users of the “Paytren” epayment application initiated by Ustadz Yusuf Mansur.

 

Kajian Islam kontemporer banyak menunjukkan perkembangan metode dakwah pada masyarakat era digital semakin variatif ragam dan bentuknya. Metode dakwah dengan gaya ceramah konvensional tidak lagi menjadi satusatunya metode yang dilakukan oleh kalangan ustadz. Kemajuan teknologi melalui aplikasi sebagai produk keagamaan bisa menjadi medium yang digunakan dalam berdakwah salah satunya yaitu ustadz Yusuf Mansur melalui aplikasi Paytren. Penelitian ini berargumen bahwa komersialisasi agama dengan metode jual beli produk-produk spiritual merupakan wujud representasi dari komodifikasi agama yang menghasilkan transformasi bentuk praktek keagamaan di masyarakat era digital yang tercermin dalam komunitas pengguna aplikasi berbayar Paytren yang digagas oleh Ustadz Yusuf Mansur Hal ini menyebabkan pemahaman agama sekaligus praktek agama berlangsung melalui konsumsi produk keagamaan yang komersial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara melakukan kajian literature, observasi dan wawancara terhadap para pengguna aplikasi e-payment “Paytren” yang digagas oleh ustadz Yusuf Mansur.

References

Jurnal
Budiandru, Dhiya ‘Ulhaq, dan Arianurzahra. 2018. “Multi Level Marketing in Sharia Accounting Perspective”. AL-URBAN: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam. Vol. 2, No. 1, Juni 2018.
Hidayat, Mansur. 2017. “Sedekah Online Yusuf Mansur (Kajian tentang Otoritas dan Bahasa Agama di Media Sosial)”. UIN Sunan Kalijaga.
Geertz, Clifford. 1986. Islam Observed : Religious Development in Marocco and Indonesia. New Heaven and London : Yale University Press, chapter 1, “Two Countries, Two Cultures”
Riskinanto, Kelana, dan Hilmawan. 2017. “The Moderation Effect of Age on Adopting E-Payment Technology”. Procedia Computer Science 124 (2017) 536–543.
Wahidah, Faiqatun. 2015. Komodifikasi Nilai Agama dalam Iklan Televisi (Studi Analisis Semiotik Pada Iklan Wardah). Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Buku
Coutas, Penelope. 2008. Fame, Fortune, Fantasy : Indonesia Idol and The New Celebrity dalam Ariel Heriyanto (ed.), Popular Culture in Indonesia; Fluid Identities in Post-Authoritarian Politics. New York: Routledge
Fealy et.al (2012) Ustadz Seleb, Bisnis Moral & Fatwa Online : Ragam Ekspresi Keislaman Indonesia Kontemporer. Depok : Komunitas Bambu.
Kahmad, Dadang. 2000. Metode Penelitian Agama, Perspektif Ilmu Perbandingan Agama. Bandung : CV Pustaka Setia.
Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Communication, 2nd edition. Sage Publications.
Yuliharto, Freddy 1993. Gejolak Kapitalisme. Jakarta : Golden Terayon Press.

Publikasi Elektronik
https://old.treni.co.id/wp.../Profil-Perusahaan-PT.-Veritra-Sentosa-Internasional (diakses tanggal 14 Agustus 2018)
https://www.paytren.co.id/ (diakses pada tanggal 28 Agustus 2018)
https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/wakaf/17/04/16/ooi6mp319-ada-fitur-sedekah-di-paytren diakses pada 1 September 2018 (Dea Alvi Soraya, 2017)
https://www.suara.com/bisnis/2017/10/21/114357/yusuf-mansur-dari-dakwahmerambah-dunia-bisnis diakses pada 2 September 2018 (Adhitya Himawan, 2017)
https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariahekonomi/18/04/16/p798df374-pengguna-paytren-tembus-2-juta, diakses pada 2 September 2018.
https://republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/18/04/16/p798df374-pengguna-paytren-tembus-2-juta diakses pada 2 September 2018. (Irwan Kelana, 2018).
Published
2019-12-07
Section
Articles