Kesatuan Jemaat Berdasarkan EkaristiAnalisa Sosial 1 Kor. 11:17-34
Abstract
Surat 1 Korintus memberi gambaran akan perhatian Paulus terhadap jemaat Korintus. Salah satu pokok persoalan yang ingin disinggung oleh Paulus adalah mengenai rasa solidaritas dalam praktik Perjamuan Ekaristi. Solidaritas adalah semangat dasar yang terwujud dalam Tradisi Ekaristi. Akan tetapi semangat tersebut belum terlihat dalam tubuh jemaat Korintus. Penyebabnya adalah adanya perbedaan budaya, asal usul, dan status sosial yang sudah mengakar dalam kehidupan bermasyarakat. Perjamuan Ekaristi hadir sebagai lambang akan kesatuan tubuh jemaat yang dipersatukan melalui baptisan yang sama. Oleh karena itu, Ekaristi menjadi tindakan nyata seseorang, yang melalui baptisan, telah memperbaharui dirinya dengan semangat solidaritas sebagai kesatuan Tubuh Kristus. Hanya saja, adanya penekanan tentang perbedaan status sosial sebagai aturan bersama dalam Perjamuan Ekaristi di Korintus menggambarkan cara hidup yang tidak tepat sebagai sebuah jemaat.
References
Thiselton, Anthony C. 1 Corinthians: A Shorter Exegetical & Pastoral Commentary. Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company, 2006.Villiers, P. G. R. de. The Interpretation of A Text in the Light of Its Socio Cultural Setting.South Africa: New Testament Society of Southern Africa, 1984.Barclay, J. M. G. “Thessalonica and Corinth: Social Contrasts in Pauline Christianity,” Journal for the Study of the New Testament Vol. 47(1992): 49-74.Castillo, J. M. “Donde no hay justicia no hay eucaristia,” in Fe y justicia(Salamanca: Ediciones Sigueme, 1981): 135-171.Elliott, Neil. “Socioeconomic stratification and the Lord's supper (1 Cor 11:17–34),” Journal of Paul and Economics in chapter “A Handbook”(Fortress Press, 2017): 245-278.Last, Richard.“The Neighborhood (Vicus) of the Corinthian Ekklesia: Beyond Family-Based Descriptions of the First Urban Christ Believers,” Journal for the Study of the New TestamentVol. 38, IV (2016): 399-425. Littlewood, A. R. “Ancient Literary Evidence for the Pleasure Gardens of Roman Country Villas,” Journal of Ancient Roman Villa Gardens(1987): 9-30.Ramelli, Ilaria L. E.. “Spiritual Weakness, Illness, and Death in 1 Corinthians 11:30,” Journal of Biblical Literature Vol. 130 No. 1(Society of Biblical Literature, 2011): 145-163.Schmidt, SJ. “The Empirical Science of Literature: A New Paradigm,” Journal of Poetics Vol. 12(1983): 19-34.Skinner, Q. “Hermeneutics and the Role of History,” Journal of New Literary History Vol. 7(1975): 209-232.Theissen, Gerd. “Social Conflicts in the Corinhian Community” Journal for the Study of the New Testament Vol. 25. 3 (2003): 371-391.Todd, F. A. “Three Pompeian Wall-Inscriptions, and Petronius,” Journal of The Classical Review Vol. 53 no. 1(1939): 5-9.Warmer Slane, Kathleen. “Two Deposits from the Early Roman Cellar Building, Corinth,” The Book of Hesperia Vol. 55 no. 3(1986): 271-318.Williams dan Zervos. “Corinth, 1985: East of the Theater,” Hesperia: The Journal of the American School of Classical Studies at AthensVol. 55, No. 2 (Apr. -Jun., 1986):129 –175.Kamus Dan EnsiklopediGrant, F. C. “Proselyte”, dalam The Interpreter's Dictionary of the Bible, III, ed. G. A. Butrick dkk., Nashville: Abingdon Press, 1986. 921-931.Douglas, J. D. (ed.) dkk. “Korintus”, dalam Ensiklopedi Alkitab Masa Kini I, diterjemahkan dari The New Bible Dictionary.Jakarta:Yayasan Komunitas Bina Kasih, 1992. 582-587.Kitab SuciAlkitab, Jakarta -Bogor: Lembaga Alkitab Indonesia, 1983.Holy BibleNew Revised Standard Version (NRSV). 1989.Internet
Bevan, E. R. “Sarapis dan Kultus Sarapis”, dalam The House of Ptolemy. London: Methuen Publishing, 1927. Tersedia dari http://penelope.uchicago.edu/Thayer/E/Gazetteer/Places/Africa/Egypt/_Texts/BEVHOP/2*.html#Sarapis_cult diakses pada Sabtu, 8 Agustus 2020pkl. 10.15 WIB. https://www.dictionary.com/browse/peristylium “Penjelasan kata Peristylum,” diakses pada Selasa, 30 Maret 2021 pkl. 10.25 WIB.